Sukses

Bentrokan di Hari Sumpah Pemuda

Unjuk rasa memperingati Hari Sumpah Pemuda di depan Gedung DPR, Jakarta, diwarnai bentrokan karena demonstran nekat menerobos barisan polisi. Sementara, Presiden merayakan Sumpah Pemuda di Taman Mini Indonesia Indah.

Liputan6.com, Jakarta: Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Komite Aksi Rakyat Teritorial berunjuk rasa di depan Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (28/10). Mereka menggelar demonstrasi untuk menyikapi kinerja pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan anggota DPR dalam rangka 80 Tahun Hari Sumpah Pemuda.

Namun terjadi ketegangan antara mahasiswa dan aparat kepolisian. Ketegangan dipicu mahasiswa yang berupaya masuk ke Gedung Wakil Rakyat, tapi dihalangi polisi. Unjuk rasa yang awalnya berlangsung tertib itu pun berubah ricuh. Saling dorong antara mahasiswa dan polisi tidak terelakkan karena demonstran mencoba merobohkan pagar gedung.

Sementara, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan sejumlah menteri serta Duta Besar negara sahabat memperingati Sumpah Pemuda di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Dalam pesannya, Kepala Negara meminta pemuda Indonesia selalu menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam peringatan itu, Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault memberikan anugerah Satya Lencana Wirakarya kepada mendiang Sophan Sophiaan yang diterima oleh istri almarhum, Widyawati. Adapun sebelumnya, upacara peringatan Sumpah Pemuda ditunda satu jam akibat hujan deras.(ANS/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini