Sukses

Bagikan Sembako Kepergok Panwaslu

Sehari jelang Pilkada Kaltim putaran kedua, Panwaslu Balikpapan memergoki seorang ketua RT membagikan paket sembako. Modusnya, penerima diwajibkan tanda tangan sebagai dukungan kepada salah seorang calon gubernur.

Liputan6.com, Balikpapan: Maslan, salah satu ketua rukun tetangga di Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Balikpapan Utara, tak bisa mengelak ketika kepergok anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) setempat. Ia sedang membagi-bagikan paket bahan pokok kepada warga di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (22/10).

Dari rumah Maslan, petugas Panwaslu menemukan puluhan paket sembako. Paket ini berisi lima kilogram beras, satu kilogram gula pasir, dan satu liter minyak goreng.

Pelaku membagi-bagikan sembako kepada masyarakat di sekitar rumahnya dengan menggunakan kupon dan tanda terima sebagai bukti dukungan kepada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Achmad Amins-Hadi Mulyadi. Namun, Maslan mengaku tidak tahu-menahu karena dirinya hanya disuruh.

Selanjutnya, Panwaslu menyita puluhan paket sembako sebagai barang bukti. Susilo Handoyo selaku Ketua Panwaslu Balikpapan menyatakan akan segera menggelar pleno untuk menentukan sanksi.

Pemilihan Gubernur Kaltim putaran kedua berlangsung Kamis ini dengan diikuti dua pasang calon, yakni Awang Faroek Ishak-Farid Wajdy yang didukung Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Demokrat. Serta, pasangan Achmad Amins-Hadi Mulyadi yang didukung Partai Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Kebangkitan Bangsa.(ANS/Imron Rosyadi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.