Sukses

Hasan Tiro Tiba di Aceh

Liputan6.com, Banda Aceh: Pesawat yang membawa rombongan Hasan Tiro dari Kuala Lumpur tiba di Bandar Udara Sultan Iskandar Muda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam Sabtu (11/10) pukul 11.00 WIB. Hasan Tiro yang sudah berumur 83 tahun harus dipapah saat menuruni tangga pesawat.

Reporter SCTV, Bayu Sutiyono ikut dalam rombongan pesawat yang membawa Hasan Tiro. Ikut juga sejumlah wartawan Aceh serta nasional. Sejumlah pengawal terus siaga di sekeliling Hasan Tiro yang duduk di bagian depan. Dokter juga disiagakan untuk memantau kesehatan Hasan Tiro.

Ratusan orang menyambut kedatangan deklarator Gerakan Aceh Merdeka di bandara. Di antaranya Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Wakil Gubernur Muhammad Nazar yang kemudian memberikan kalungan bunga kepada Hasan Tiro. Rombongan Hasan Tiro lalu berkonvoi menuju Kota Banda Aceh.

Ribuan warga sudah menunggu Hasan Tiro di Masjid Baiturahman Banca Aceh. Warga dari berbagai pelosok Tanah Rencoong sengaja datang ke untuk melihat langsung Hasan Tiro atau paling tidak mendengarkan orasinya. Warga juga memenuhi jalan-jalan protokol di Banda Aceh.

Akibat luapan massa serta kendaraan yang dipenuhi warga hingga memenuhi jalan, banyak toko yang tutup. Warga yang menyambut Hasan Tiro banyak menggunakan atribut dari partai lokal Aceh. Namun menjelang kedatangan Hasan Tiro ada juga yang pihak-pihak menyampaikan penolakan.

Hasan Tiro adalah deklarator GAM dan meninggalkan Aceh selama 32 tahun yang bermukim dan menjadi warga negara Swedia. Setelah hasil Perjanjian Helsinki, GAM dibubarkan. Kepulangangan Tiro juga menyatakan untuk menjaga perdamaian yang ada di Bumi Serambi Mekah.Tanah Rencong.(JUM/Tim Liputan 6 SCTV)
    Artikel Selanjutnya
    Ayah di Tangerang Perkosa Anak hingga 2 Kali Melahirkan
    Artikel Selanjutnya
    Saran Andi Mallarangeng untuk Setya Novanto