Sukses

Buruh PT Adetex Tuntut THR

Ratusan buruh pabrik tekstil PT Adetex, Boyolali, Jateng kembali berunjuk rasa menuntut pembayaran tunjangan hari raya sebesar 100 persen gaji pokok. Namun pihak perusahaan tetap bersikeras memberikan tunjangan sesuai waktu kerja.

Liputan6.com, Boyolali: Para buruh PT Adetex, Senin (22/9) siang, kembali mendatangi pabrik di kawasan Randusari, Boyolali, Jawa Tengah. Mereka menuntut PT Adetex segera membayar tunjangan hari raya sebesar 100 persen gaji pokok atau sekitar Rp 700 ribu.

Namun, lagi-lagi tuntutan para buruh pabrik tekstil itu tidak dipenuhi. Pihak perusahaan hanya bersedia membayar tunjangan secara proporsional sesuai dengan waktu kerja. Para wakil buruh dan manajemen kemudian menggelar pertemuan yang difasilitasi Dinas Tenaga Kerja Boyolali. Tapi, pertemuan tidak berhasil mencapai kata sepakat.

Pihak perusahaan berdalih kondisi keuangan sangat terbatas karena sudah lima bulan terakhir tidak beroperasi sehingga tidak ada pemasukan. Karena itu pula, selama masa tersebut perusahaan meliburkan para buruh agar konflik tidak berlarut-larut.

Dinas Tenaga Kerja Boyolali meminta para buruh bisa menerima tawaran perusahaan. Namun, saran itu ditolak para buruh. Mereka tetap akan menuntut kekurangan pembayaran THR melalui jalur hukum usai Lebaran nanti.(IAN/Wiwik Susilo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini