Sukses

Horta, Boneka Berambut Rumput

Liputan6.com, Bogor: Ada yang menarik pengunjung datang ke toko di salah satu sudut Kota Bogor, Jawa Barat. Yang mereka cari, boneka-boneka lucu. Bukan hanya bentuknya yang lucu, namun dari boneka-boneka ini ternyata bisa tumbuh rumput hijau. Boneka ini dinamakan Boneka Horta alias Hortikultura, hasil kreativitas para mahasiswa Jurusan Hortikultura Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB).

Untuk menumbuhkan rumput di atas kepala boneka, rendam dalam air selama sejam. Sirami dengan rutin setiap hari. Kurang dari sepekan rumput sudah tumbuh subur di atas boneka yang terbuat dari serbuk gergaji ini. "Lucu, rambutnya bisa dipotong kalau sudah tumbuh. Rumputnya juga bisa di-macem-macemin," tutur Dian, salah seorang pembeli. Boneka Horta tersedia dalam berbagai macam dengan harga rata-rata Rp 15 ribu.

Berawal dari pemasaran dari mulut ke mulut, kini penjualan Boneka Horta sudah meluas ke berbagai daerah di Indonesia dengan omzet mencapai Rp 20 juta per bulan. Larisnya Boneka Horta juga membawa pemasukan bagi sejumlah ibu rumah tangga di Ciomas, Bogor, yang menjadi pengrajinnya.(BOG/Teguh Dwi Hartono)
    Artikel Selanjutnya
    Top 3: Waspada, Kolong Ranjang Jadi Persembunyian Ular Piton
    Artikel Selanjutnya
    Ngeri, Ular Piton 3 Meter Ini Bersembunyi di Kolong Ranjang