Sukses

Horta, Boneka Berambut Rumput

Boneka Horta merupakan hasil kreativitas para mahasiswa jurusan Hortikultura Fakultas Pertanian IPB. Tak hanya menarik, boneka ini juga peduli lingkungan. Di kepala boneka ini bisa tumbuh rumput hijau.

Liputan6.com, Bogor: Ada yang menarik pengunjung datang ke toko di salah satu sudut Kota Bogor, Jawa Barat. Yang mereka cari, boneka-boneka lucu. Bukan hanya bentuknya yang lucu, namun dari boneka-boneka ini ternyata bisa tumbuh rumput hijau. Boneka ini dinamakan Boneka Horta alias Hortikultura, hasil kreativitas para mahasiswa Jurusan Hortikultura Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB).

Untuk menumbuhkan rumput di atas kepala boneka, rendam dalam air selama sejam. Sirami dengan rutin setiap hari. Kurang dari sepekan rumput sudah tumbuh subur di atas boneka yang terbuat dari serbuk gergaji ini. "Lucu, rambutnya bisa dipotong kalau sudah tumbuh. Rumputnya juga bisa di-macem-macemin," tutur Dian, salah seorang pembeli. Boneka Horta tersedia dalam berbagai macam dengan harga rata-rata Rp 15 ribu.

Berawal dari pemasaran dari mulut ke mulut, kini penjualan Boneka Horta sudah meluas ke berbagai daerah di Indonesia dengan omzet mencapai Rp 20 juta per bulan. Larisnya Boneka Horta juga membawa pemasukan bagi sejumlah ibu rumah tangga di Ciomas, Bogor, yang menjadi pengrajinnya.(BOG/Teguh Dwi Hartono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini