Sukses

Pengasong Koran Itu Kuliah di UI

Seorang pengasong koran di Stasiun Depok, Jabar, mengukir prestasi dengan kuliah di Sastra Jawa UI. Ayis yang berasal dari Gorontalo merupakan penghuni Yayasan Bina Insan Mandiri di sebuah masjid Terminal Depok.


Liputan6.com, Depok: Keterbatasan biaya tak melulu mematahkan semangat seseorang. Ayis, misalnya. Pengasong koran di Stasiun Depok, Jawa Barat, itu mengukir prestasi dengan menjadi mahasiswa Universitas Indonesia. Tak heran jika perjalanan hidup Ayis mengundang kekaguman, bahkan membangkitkan inspirasi banyak orang.

Hingga kini, Ayis Rochma, kuliah di jurusan Sastra Jawa UI. Sepulang kuliah, ia kembali mengasong. Pekerjaan itu merupakan cara Ayis menyokong hidupnya sejak merantau dari Gorontalo, 2007 silam. Selama di Depok, Ayis ditampung Yayasan Bina Insan Mandiri yang berlokasi di masjid Terminal Depok.

Tempat itu merupakan rumah bagi Ayis. Sejumlah teman di kampusnya menyatakan kagum atas kisah si anak rantau tersebut. Meski begitu, Ayis belum bisa berpuas diri. Ia menyadari banyak hal yang harus dikejar untuk menyambung perjuangan hidup yang sudah ia genggam. Apalagi biaya pendidikan di kampus ternama itu terbilang mahal.(IKA/Teguh Dwi Hartono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini