Sukses

KPI: Empat Tayangan Berdampak Buruk pada Anak

Komisi Penyiaran Indonesia menetapkan empat judul tayangan televisi yang dinilai bermasalah karena mengumbar kekerasan dan tak mencantumkan klasifikasi penonton. Keempat tayangan ini dinilai dapat berdampak buruk pada perilaku anak.

Liputan6.com, Jakarta: Tim panelis Komisi Penyiaran Indonesia belum lama ini menilai 84 judul dari 316 episode tayangan di televisi. Ternyata, mereka menemukan empat tayangan yang tak melindungi kepentingan anak dan remaja. Tiga di antaranya adalah film kartun Naruto, Detective Conan dan Bleach. Ketiganya dinilai hanya mengumbar kekerasan dan unsur mistis. Sementara tayangan sinetron berjudul Cerita SMA dianggap mengumbar gambar yang tidak sesuai dengan norma kesusilaan.

Kendati demikian, teguran KPI ini tidak berdampak pada penghentian penayangan. Dengan kata lain, hanya baru berupa teguran awal bagi stasiun televisi yang menayangkannya.

KPI memang kerap melayangkan surat teguran. Pada bulan silam, misalnya. Komisi menegur empat tayangan televisi swasta yang dianggap bermasalah. Yakni, Ngelenong Nyok, One Piece, Suami-Suami Takut Istri, dan Extravaganza [baca: Empat Program Televisi Swasta Ditegur KPI].(ANS/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.