Sukses

Tiga Bulan Tak Dapat Air, Sawah Kering

Tiga bulan tak mendapatkan air, sawah-sawah di Tasikmalaya dan Purwakarta, Jawa Barat, kini mengering dan nyaris gagal panen. Untuk mengurangi kerugian, para petani memanen padinya lebih dini. Bahkan, sebagian menjadikan padi sebagai makanan ternak.


Liputan6.com, Tasikmalaya:
Tanaman padi yang kuning karena kering kini menjadi pemandangan lazim di Tasikmalaya, Jawa Barat, terutama di areal persawahan tadah hujan. Sebab, sudah tiga bulan hujan tak turun yang mengakibatkan tanah kerontang bahkan retak-retak.

Akibatnya, sebagian petani, Rabu (6/8), terpaksa memanen padi mereka sebelum waktunya. Sebab jika tidak, padi mereka puso. Ibu Dedeh, misalnya. Petani di Rajapolah ini tekun mengais butiran padi di antara tanaman padi yang dipanen dini.

Di Purwakarta, banyak petani gagal panen lantaran tanaman padi mereka mengering. Setidaknya 1.700 hektare sawah di sembilan kecamatan gagal dipanen. Diperkirakan kerugian mencapai puluhan juta rupiah. Para petani akhirnya memanfaatkan tanaman padi sekedar untuk pakan ternak.(BOG/Eko Setya dan Syamsu Nursyam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini