Sukses

Bila Pengelola Klinik Gelar Pengobatan Gratis

Kemiskinan masih dengan mudah dijumpai di berbagai tempat di Tanah Air. Bahkan di Ibu Kota, kemiskinan membatasi orang mendapat akses ke berbagai hal, termasuk akses pada layanan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta: Kemiskinan memang dapat membatasi orang memperoleh akses ke berbagai hal, termasuk layanan kesehatan. Lantaran itulah, dengan alasan kemanusiaan, pengelola sebuah klinik di Cinere, Jakarta Selatan, belum lama ini memberikan layanan pengobatan gratis.

Satu di antara pasien yang mendapat pengobatan gratis adalah Dharma. Ia menderita kurang gizi. Bayangkan, di usia tujuh tahun, berat Dharma hanya 19 kilogram. Padahal, berat badan minimum anak seusianya adalah 22 kilogram. Dharma menderita kurang gizi memang akibat masalah ekonomi. Kebutuhan sehari-hari Dharma dicukupi hanya dari gaji sang ibu sebagai tukang tahu.

Menyadari masih banyaknya penyakit yang hadir akibat kemiskinan, pihak Klinik Kana di Cinere menyediakan pengobatan gratis, khusus untuk warga miskin. Kegiatan sosial ini digelar rutin setiap bulan. Semua atas nama membantu sesama. Ada sekitar 1.500 warga setempat yang memanfaatkan kesempatan langka ini.(ANS/Riko Anggara dan Yuli Sasmito)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.