Sukses

Sistem Rujukan Membuat Pasien RSCM Membludak

Ketidakberesan sistem rujukan rumah sakit di Indonesia membuat pasien RSCM membludak. RSCM sedikitnya menerima 500 pasien rujukan dari berbagai daerah setiap hari. Padahal fasilitas rawat terbatas.

Liputan6.com, Jakarta: Pasien Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo terlantar karena RS tak mampu menampung jumlah pasien. Selain itu ada hal lain yang membuat pasien RSCM membludak. Adalah ketidakberesan sistem rujukan rumah sakit di Indonesia. RSCM sedikitnya menerima 500 pasien rujukan dari berbagai daerah setiap hari. Padahal fasilitas rawat terbatas.

Daya tampung terbatas menyebabkan pasien diputuskan untuk rawat jalan. Padahal pasien jaminan yang dirujuk dari berbagai daerah tak ada biaya. Masih ada 31 pasien yang menderita tumor hingga kanker sejak Ahad kemarin telah menempati tempat penampungan baru dari donatur di Jalan H.O.S. Tjokroaminoto Jakarta [baca: Puluhan Pasien RSCM Dipindahkan ke Rumah Singgah].

Partun misalnya, pasien tumor kandungan asal Lampung ini sudah seminggu tinggal di rumah singgah RSCM Jakarta. Meski tak perlu mengeluarkan biaya untuk pemeriksaan medis, Partun tetap harus mengeluarkan biaya perjalanan dan hidup selama di Jakarta hingga Rp 1 juta. Berat bagi Partun dan suaminya yang bekerja sebagai petani singkong.(TOZ/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.