Sukses

Rawabening, Pasar Batu Akik Kelas Dunia

Suka koleksi batu akik? Jika demikian, Pasar Rawabening, Jaktim, menjadi tempat wajib untuk dikunjungi. Di tempat ini tersedia aneka koleksi batu cincin dan batu hias dari yang imitasi hingga asli dengan harga mencapai ratusan juta rupiah.


Liputan6.com, Jakarta:
Pasar Rawabening, Jakarta Timur, sejak 1984 dikenal sebagai lokasi yang menyediakan aneka koleksi batu cincin dan batu hias dari imitasi hingga asli. Batu cincin dengan berbagai jenis dan ukuran dari berbagai daerah di Indonesia hingga mancanegara seperti Afrika dan Srilanka juga tersedia di pasar tradisional ini.

Harga sesuai dengan kualitas. Ada yang Rp 500 hingga ratusan juta rupiah. Batu rubi, misalnya, dihargai Rp 1 juta. Namun rubi, safir, dan zamrud bisa bernilai hingga ratusan juta rupiah bila kualitas batunya baik. Anda juga bisa membawa batu sendiri untuk dibentuk sesuai keinginan. Prosesnya tak terlalu lama. Mulai memotong, membentuk, hingga menghaluskan cumamemerlukan waktu 20 menit hingga sejam.

Para pembeli tak hanya berasal dari Jakarta, tapi berbagai pelosok negeri, bahkan internasional. Jafar, warga Iran, misalnya, rutin membeli berbagai batu cincin untuk dijual kembali di negaranya. Pasar Rawabening kini tengah dibangun dan tak lama lagi akan berganti nama menjadi Jakarta Gems Center, pusat perbelanjaan batu aji dan permata yang menurut pengelola termegah di Asia Tenggara.(YNI/Riko Anggara dan Yon Helfi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini