Sukses

Sangkur dalam Berbagai Bentuk dan Desain

Berawal dari membuat peralatan pertanian, seorang pandai besi di Magelang, Jateng, mengembangkan usahanya dengan membuat aneka macam sangkur dalam berbagai bentuk dan desain. Bahan baku yang digunakan terdiri dari berbagai macam limbah.

Liputan6.com, Magelang: Kunci sukses menjalankan usaha tidak hanya dengan mempertahankan kualitas barang yang dihasilkan. Sumardi, seorang pandai besi di Magelang, Jawa Tengah, misalnya, mengembangkan usahanya dengan membuat aneka macam sangkur dalam berbagai bentuk dan desain.

Usaha ini merupakan upaya Sumardi untuk melanjutkan bisnis yang telah dirintis orangtuanya. Dia memulainya pada 1991. "Awalnya saya membuat peralatan pertanian," kata Sumardi kepada reporter SCTV Julianus Kriswantoro, baru-baru ini. Kemudian dia terpikir untuk membuat kerajinan lain, seperti sangkur dan samurai.

Bahan baku yang digunakan Sumardi terbuat dari berbagai macam limbah. Untuk bilah sangkur atau samurai misalnya, memakai limbah besi bearing. Menurut Sumardi, jenis besi ini memiliki kualitas bagus. Selain itu, tahan karat dan sifat besinya kuat. Pun demikian dengan gagang dan sarung sangkur. Saksikan selengkapnya dalan video Cabe Rawit di Liputan 6 Pagi SCTV edisi Senin (30/6).(YNI/Julianus Kriswantoro)

Sumardi
0856.4376.5359
Sanggarahan, Rejosari Pakis,
Magelang, Jawa Tengah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini