Sukses

Jawa Tengah Memilih Pemimpin

Sebanyak 26 juta penduduk Jawa Tengah hari ini untuk pertama kalinya memilih secara langsung gubernur dan wakil gubernur mereka. Lima pasangan calon yang didukung parpol dan koalisi partai akan berebut suara di 35 kabupaten dan kota.

Liputan6.com, Semarang: Sebanyak 26 juta penduduk Jawa Tengah mulai pukul 07.00 WIB, Ahad (22/6), untuk kali pertama memilih secara langsung gubernur dan wakil gubernur mereka. Lima pasangan calon yang didukung partai politik dan koalisi partai akan berebut suara di 35 kabupaten dan kota.

Bukan hanya diikuti masyarakat biasa, para calon peserta kampanye juga turut menggunakan hak pilihnya. Tiga calon gubernur mencoblos di Semarang, yaitu Ketua Dewan Pimpinan Daerah Golongan Karya Jawa Tengah Bambang Sadono, Sukawi Sutarip yang didukung Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera, serta calon gubernur Agus Suyitno, mantan Panglima Daerah Militer IV Diponegoro yang didukung Partai Kebangkitan Bangsa [baca: Sehari Pencoblosan, Pilgub Jateng Masih Ada Masalah].

Dua kandidat gubernur lainnya, yaitu Bibit Waluyo yang merupakan jago dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menggunakan hak pilihnya di Magelang. Sedangkan M. Tamzil yang didukung Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Amanat Nasional mencoblos di Kudus.

Pemungutan suara akan berakhir pukul 13.00 WIB nanti dan penghitungan suara dimulai satu jam kemudian. Hasil resmi penetapan pemenang akan dilakukan KPU Jateng 1 Juli mendatang. Untuk menjadi pemimpin baru Jateng, salah satu peserta harus meraih paling kurang 30 persen suara. Bila tidak, akan digelar pemilihan putaran kedua [baca: Calon Gubernur Jateng Gelar Berbagai Kegiatan].(YNI/Yudi Sutomo dan Teguh Hadi Prayitno)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini