Sukses

Ditemukan, Ribuan Selebaran Ajakan Golput

Saat masa tenang menjelang pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, ditemukan sedikitnya 26 ribu selebaran di Banyumas. Selebaran berisi ajakan untuk tidak memilih alias golput.

Liputan6.com, Banyumas: Saat masa tenang menjelang pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah pada Ahad besok, belum lama ini ditemukan sedikitnya 26 ribu selebaran di Banyumas. Selebaran ini berisi ajakan untuk tidak memilih atau golongan putih alias golput.

Ribuan selebaran gelap ajakan untuk golput ini ditemukan seorang warga Banyumas di pinggir sebuah parit dalam dua karung. Diduga, selebaran dibuang orang yang hendak mengacaukan jalannya Pemilihan Kepala Daerah Jawa Tengah. Barang bukti itu, kini disimpan di Kantor Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Banyumas. Diperkirakan, selebaran ini juga sudah beredar di kalangan masyarakat hingga di luar Banyumas.

Buat mengantisipasi hambatan pilkada, Panwas Pemilihan Gubernur dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, menggelar rapat koordinasi, kemarin. Dalam rapat ini dibahas soal netralitas pegawai negeri sipil dan kepastian tidak ada pemadaman bergilir dari Perusahaan Listrik Negara.

Dalam rapat disepakati pegawai negeri di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah hingga di 35 kabupaten dan kota akan bersikap netral. Dengan kata lain, mereka diminta tidak memihak salah satu dari lima pasang calon gubernur dan wakil gubernur yang bakal bertarung, besok.(ANS/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.