Sukses

Gamelan Pusaka yang Dicuri Ditemukan

Polisi Solo menyita sejumlah alat gamelan dari Pura Mangkunegaran yang diduga hasil curian. Gamelan tersebut ditemukan dan disimpan di sebuah ruang kerja seorang pejabat pariwisata di Solo.

Liputan6.com, Solo: Kerja keras Kepolisian Kota Besar Solo, Jawa Tengah, menguak raibnya gamelan pusaka, mulai menunjukkan hasil. Rabu (18/6) siang, polisi menyita sejumlah alat gamelan dari Pura Mangkunegaran yang diduga hasil curian. Gamelan tersebut ditemukan dan disimpan di sebuah ruang kerja seorang pejabat pariwisata di Solo.

Penyitaan ini berdasarkan keterangan sejumlah saksi kasus hilangnya seperangkat gamelan pusaka peninggalan Paku Buwono X di Gedung Wayang Orang Sriwedari. Mereka menyatakan pernah melihat gamelan yang diduga telah dicuri tersebut di ruang kerja seorang pejabat pariwisata. Tepatnya di Kompleks Pura Mangkunegaran atau disebut pula Puri Mangkunegaraan [baca: Seperangkat Gamelan Carabalen Kraton Solo Hilang].

Menurut Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Kota Besar Solo Komisaris Polisi Syarif Rahman, penyitaan ini sebagai upaya pengamanan barang bukti. Terutama, buat mengusut tuntas kasus hilangnya benda-benda pusaka. Hingga kini, polisi sudah meminta keterangan enam saksi. Ini termasuk pejabat pariwisata yang didapati menyimpan sebagian gamelan pusaka tersebut.

Walau barang bukti ditemukan di sana, pihak Pura Mangkunegaran membantah terkait kasus pencurian gamelan pusaka tersebut. Menurut Supriyanto Waluyo, YMT Pangageng Kabupatan Mondopuro, gamelan tersebut dibawa ke ruang kerja di Kompleks Pura Mangkunegaran atas inisiatif pejabat pariwisata secara pribadi. Karena tak dilaporkan, pihak Pura Mangkunegaran tidak mengetahui keberadaan benda tersebut.

Menyusul penyitaan tersebut, pihak Pura Mangkunegaran langsung meneliti ulang perangkat gamelan pusaka yang disimpan di sejumlah gudang miliknya. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi kemungkinan adanya gamelan pusaka curian lain di Puri Mangkunegaran. Namun, hingga penelitian ulang selesai, pihak Pura Mangkunegaran ternyata tidak menemukan gamelan curian lain, selain barang bukti yang disita polisi.(ANS/Wiwik Susilo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.