Sukses

Ribuan Umat Muslim Tuntut Pembubaran Ahmadiyah

Ribuan santri dan ulama dari Jabodetabek berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakpus, sejak pagi tadi. Pengunjuk rasa menuntut pemerintah segera membubarkan Ahmadiyah dan meminta polisi membebaskan Ketua Umum FPI Habib Rizieq Shihab.


Liputan6.com, Jakarta:
Ribuan santri dan ulama dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, serta Bekasi berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (9/6) pagi. Reporter Liputan 6 SCTV Bimo Cahyo melaporkan, para pengunjuk rasa sudah memadati area di depan Istana Merdeka dan Monumen Nasional sejak pukul 09.00 WIB. Aksi itu membuat polisi kesulitan sebab tidak menyangka unjuk rasa akan sebesar ini. Polisi pun terpaksa menutup Jalan Merdeka Barat dan mengalihkan jalur busway.

Para pengunjuk rasa menuntut pemerintah segera mengeluarkan surat keputusan bersama (SKB) yang intinya membubarkan Ahmadiyah. SKB itu melibatkan tiga menteri, yakni Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri, dan Jaksa Agung. Menteri Sekretaris Negara Hatta Radjasa sebelumnya mengatakan, belum keluarnya SKB terkait dengan rumitnya penyusunan. Namun, diharapkan SKB ini akan terbit bulan ini. "Saat ini sedang dalam  proses tahap akhir," kata Hatta [baca: SKB Soal Ahmadiyah Segera Terbit].

Selain bubarkan Ahmadiyah, pengunjuk rasa juga menuntut agar Habib Rizieq Shihab segera dibebaskan dari tahanan Kepolisian Daerah Metro Jaya. Mereka menilai penahanan ketua umum Front Pembela Islam (FPI) itu cukup menyakitkan umat muslim. Sebab, sampai hari ini, belum ada dari pihak Ahmadiyah yang diperiksa terkait insiden penyerangan di Monas, Jakpus, 1 Juni silam.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.