Mengubah Pipa <i>Paralon</i> Menyerupai Kayu

on

Liputan6.com, Sukabumi: Minat masyarakat pada barang-barang kerajinan dari kayu sangatlah besar. Namun ketersediaan bahan baku kayu itu sendiri semakin berkurang. Karena itu, berbagai macam cara diupayakan untuk menemukan bahan alternatif pengganti kayu.

Adalah Ilham Wirahadikusumah yang berhasil mengubah limbah pipa paralon dan membuatnya seperti kayu. Berawal ingin memanfaatkan limbah paralon agar bernilai ekonomis, ia mencoba membakarnya. Tak disangka, dari pembakaran itu justru mengeluarkan tekstur menyerupai kayu. Termasuk motif pecah-pecah dan warna cokelat atau hitam yang dihasilkan tanpa rekayasa.

Dengan usaha ini Ilham mendapatkan keuntungan tersendiri. Bahan baku mudah didapat dengan modal yang lebih murah ketimbang bahan kayu sesungguhnya. Dia pun mampu menghasilkan produk seperti hiasan dinding, pajangan ember, aksesori botol anggur, bahkan kalung dan gelang.

Sejauh ini Ilham membidik pasar menengah ke atas karena selain menjual barang fungsional juga memiliki nilai seni. "Alhamdulillah dari hasil pameran, di luar dugaan produk saya tidak hanya diminati lokal. Ada beberapa supplier dari Asia dan Eropa tertarik dengan produk saya," tutur Ilham.

Ilham kini berniat membuat hak paten atas usahanya. Sukses memang mulai menaungi Ilham. Namun ada satu kendala yang belum dapat diatasi, yaitu sumber daya manusia yang memiliki sense of art. "Karena dibutuhkan untuk proses akhir minimal ada basic seninya," kata Ilham. Untuk selengkapnya saksikan video Cabe Rawit dalam Liputan 6 Pagi edisi Senin (9/6).(YNI/Julianus Kriswantoro)

Ilham Wirahadikusumah
Telepon: 0815.7261.7110
Alamat : Jalan Pesantren Nurul Huda No. 4
Kampung Cibolang, Cisaat
 Sukabumi, Jawa Barat

Suka artikel ini?

0 Comments