PLTA Mini Hasilkan Listrik 2.200 Watt

on

Liputan6.com, Padang: Seorang warga Padang, Sumatra Barat, belum lama ini, membuat pembangkit listrik tenaga air mini. Pembangkir listrik seharga Rp 6,5 juta buatan Musliardi itu mampu menghasilkan listrik dengan daya 2.200 watt. Kreativitas Musliardi ini terdorong karena selama puluhan tahun tempat tinggalnya belum pernah dialiri listrik.

Musliardi dan 15 keluarga di kampungnya pernah mengajukan pemasangan listrik ke PLN. Namun upaya itu terbentur biaya yang mencapai ratusan juta rupiah. Musliardi tak patah arang. Dia memanfaatkan aliran sungai sebagai tenaga pembangkit litrik. Dengan modal nekat dan coba-coba, Musliardi dibantu anaknya berhasil menciptakan PLTA mini dalam waktu tiga bulan lebih.

Sebuah kincir yang dibuat dari kayu menjadi penggerak utama memutar dinamo. Listrik sebesar 2.200 watt kemudian dialirkan ke rumahnya sejauh 70 meter. Sayangnya, fasilitas ini belum bisa dinikmati 14 keluarga tetangga Musliardi. Namun jika pemerintah bersedia memberikan dana, Musliardi dengan senang hati bisa membuatkan PLTA yang lebih besar untuk para tetangganya.(TOZ/Denni Risman dan Arset Kusnadi)

Suka artikel ini?

0 Comments