Sukses

Siang Ini, Jenazah Baharuddin Lopa Tiba

Jenazah Jagung Baharuddin Lopa diperkirakan akan tiba di Bandara Sukarno-Hatta Jakarta, sekitar pukul 14:40 WIB. Setelah upacara serah terima, jenazah akan disemayamkan di rumah duka, dan dimakamkan besok.

Liputan6.com, Jakarta: Diperkirakan jenazah Jaksa Agung Baharuddin Lopa akan tiba di Bandar Udara Sukarno-Hatta Jakarta, Kamis (05/7) sekitar pukul 14.40 WIB. Sampai saat ini, berbagai persiapan kedatangan jenazah telah dilakukan di ruang Kargo Garuda Nomor 350. Menurut rencana semula, seusai upacara serah terima, jenazah akan disemayamkan di rumah duka selama satu malam, dan dimakamkan Jumat besok.

Berdasarkan hasil pantauan sementara, persiapan penyelenggaraan upacara serah terima jenazah secara militer sudah berlangsung sejak pagi hari. Sedianya, jenazah Baharuddin akan diserahkan perwakilan Kedutaan Besar Indonesia untuk Arab Saudi kepada Menteri Luar Negeri Alwi Shihab. Sesudah itu, jenazah akan diserahkan Departemen Luar Negeri kepada Kejaksaan Agung. Dari situ, jenazah akan dibawa ke rumah duka dengan dikawal pasukan Garnisun Ibu Kota untuk diserahkan kepada keluarga.

Sementara di rumah duka, para pelayat dan karangan bunga ucapan belasungkawa tampak terus berdatangan. Menurut informasi, jenazah Baharuddin bakal disemayamkan selama satu malam. Lantas Jumat pagi akan dilakukan salat gaib berjemaah di Masjid Al-Hi Ayah, yang tepat berlokasi di depan rumah duka. Rencananya, jenazah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata dalam sebuah upacara militer sekitar pukul 09.00 hingga 10.00 WIB. Upacara itu bakal dipimpin langsung Presiden Abdurrahman Wahid. Jika berhalangan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Sosial, dan Keamanan Agum Gumelar atau Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Marsilam Simanjutak.

Suasana duka juga masih tampak di Gedung Kejagung. Berbagai spanduk dan karangan bunga juga masih terus mengalir ke sana. Di antaranya bertuliskan "Selamat Jalan Sahabat Pencari Keadilan", "Selamat Jalan Kepada Pendekar Keadilan", dan janji "Koruptor Akan Kita Buru Sampai Dapat".

Menurut Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejagung Moeljohardjo, kabar terakhir yang diterima dia memang membenarkan bahwa jenazah akan datang siang nanti. "Nanti ada upacara penyerahan jenazah, disemayamkan, dan dimakamkan besok," kata Moeljohardjo, menerangkan. Namun sebelum dimakamkan, besok jenazah akan dibawa sebentar ke Gedung Kejagung untuk dilakukan upacara penghormatan terakhir.

Sedianya lagi, jenazah Baharuddin Lopa akan dikuburkan tepat di samping makam konseptor Pertamina, Ibnu Sutowo. Makam yang terletak di Petak M itu, juga berdekatan dengan kuburan founding father TNI, Jenderal TNI Abdul Haris Nasution. Menurut Pimpinan TMP Kalibata Rozali Ishak, petak itu diberikan khusus untuk para pahlawan yang meninggal dari Timor Timur. "Posisi makam Baharuddin Lopa sudah ditentukan oleh Garnisun Ibu Kota," kata Rozali, memaparkan. Hingga pukul 11.00 WIB tadi, lubang makam buat Baharuddin masih dalam digali.(BMI/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.