Sukses

BBM Belum Naik, Premium Sudah Sulit Didapat

Pemerintah memang belum mengumumkan kenaikan harga BBM. Namun di sejumlah daerah antrean pembeli BBM di SPBU sudah terjadi. Selain jumlah pembeli yang bertambah, pasokan dari Pertamina ke SPBU memang berkurang.

Liputan6.com, Banjarmasin: Antrean panjang dalam sepekan terakhir makin sering terlihat di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Antrean dipicu oleh rencana pemerintah menaikkan bahan bakar minyak. Sementara kelangkaan juga diperparah oleh pasokan Pertamina yang makin berkurang.

Pantauan SCTV, Kamis (8/5), para pengendara kendaraan bermotor rela mengantre berjam-jam karena di SPBU lainnya terjadi kekosongan BBM. Dalam antrean itu juga terdapat pedagang bensin eceran yang membeli premium sebanyak-banyaknya. Pengelola SPBU tidak dapat berbuat banyak. Kelangkaan dan antrean juga terlihat di Temanggung, Jawa Tengah.

Wakil Presiden Jusuf Kalla kembali menegaskan rencana kenaikkan BBM tak terkait Pemilihan Umum 2009. Dikatakannya, pilihan menaikkan harga BBM bersubsidi amat berat. Namun dirinya dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tak punya pilihan lain. Untuk itu, pemerintah saat ini sedang menyusun program meringankan penderitaan rakyat miskin karena dampak kenaikkan BBM. Di antaranya bantuan langsung tunai (BLT) Rp 100 ribu per bulan bagi keluarga miskin [baca: Presiden Tak Akan Menunda Kenaikan BBM].(YNI/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini