Sukses

Lima Pasang Calon Pilkada Jateng Ditetapkan

Kelima pasang calon itu adalah M. Tamzil-Rozak Rais (PPP-PKS), Bibit Waluyo-Rustriningsih (PDIP), Sukawi Sutarip-Sudarto usungan (PKS-Partai Demokrat), Bambang Sadono-Muhammad Adnan (Partai Golkar), serta Agus Suyitno-Kholik Arif (PKB).

Liputan6.com, Semarang: Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah, Kamis (24/4), secara resmi menetapkan lima pasang calon gubernur dan calon wakil gubernur Jateng. Kelima pasangan itu siap digadang dalam Pilgub Jateng pada 22 Juni mendatang setelah melalui tahapan pendaftaran dan pemeriksaan berkas kelengkapan calon.

Kelima pasang calon itu adalah M. Tamzil-Rozak Rais yang dicalonkan koalisi Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Amanat Nasional. Bibit Waluyo-Rustriningsih dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Sukawi Sutarip-Sudarto usungan Partai Keadilan Sejahtera-Partai Demokrat. Bambang Sadono-Muhammad Adnan dari Partai Golkar. Serta pasangan Agus Suyitno-Kholik Arif yang dicalonkan Partai Kebangkitan Bangsa.

Tanggal 29 April mendatang, dilakukan pengundian nomor urut calon. Menanggapi maraknya spanduk dan poster cagub-cawagub yang telah marak sejak beberapa bulan lalu, anggota KPU Jateng Ari Pradanawati menyatakan pihaknya tak berwenang melarang karena belum masuk jadwal kampanye.

Terkait perpecahan PKB di tingkat pusat, Agus Suyitno-Kholik Arif adalah PKB kubu Gus Dur. Namun hingga saat ini tak ada perlawanan dari kubu PKB Muhaimin Iskandar di Jateng.

Setelah Rano Karno dan Dede Yusuf, kini giliran artis dangdut Syaiful Jamil akan ikut meramaikan dunia politik. Mantan suami Dewi Persik ini mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wakil Wali Kota Serang ke PPP. Ipul akan berpasangan dengan Ketua DPC PPP Kota Serang Nahyudi Kirtam Sanjaya.

Ipul mengaku siap dengan langkahnya memasuki dunia politik dan meninggalkan dunia keartisan. Namun langkahnya untuk menduduki kursi Wakil Wali Kota Serang masih panjang. Dia dan pasangannya harus bersaing dengan lima pasangan bakal calon lainnya yang mendaftar ke PPP.(TOZ/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.