Sukses

Horta Tiba di Dili

Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta, tiba di Dili setelah dua bulan dirawat di Australia. Horta tiba dengan pengawalan ketat karena trauma dengan upaya pembunuhan terhadap dirinya.


Liputan6.com, Dili: Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta, kembali ke negaranya setelah menjalani perawatan selama dua bulan di Australia, Kamis (17/4). Horta tiba di Dili dengan pengawalan ketat pasukan keamanan. Sebelumnya Horta mengaku trauma dengan upaya pembunuhan terhadap dirinya.

Kedatangan Horta telah dinanti pendukungnya dan pejabat Timor Leste, termasuk Perdana Menteri Xanana Gusmao. Upacara militer dan tarian daerah mewarnai kedatangan peraih Nobel Perdamaian yang berusia 58 tahun tersebut. Horta menyatakan gembira kembali ke Dili setelah dua bulan lamanya menjalani perawatan di rumah sakit menyusul upaya pembunuhan oleh tentara pemberontak.

Beberapa pelaku percobaan pembunuhan Horta telah menyerahkan diri, kecuali Gastao Salsinha yang diduga merupakan pemimpin kelompok itu. Dalam pidato resminya di parlemen, Horta secara terang-terangan meminta Gastao segera menyerahkan diri dan mengungkapkan siapa dalang di balik upaya pembunuhan dirinya [baca: Presiden Timor Leste Ditembak Pemberontak].(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini