Sukses

Pemanasan Global Membuat Penduduk Bumi Rentan Penyakit

Liputan6.com, Jakarta: Puncak peringatan Hari Kesehatan Dunia digelar di kawasan parkir timur Senayan, Jakarta Selatan, Ahad (13/4) pagi. Acara yang dihadiri Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie dan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari itu diisi senam pagi masal yang diikuti sekitar 5.000 orang.

Tema peringatan Hari Kesehatan Dunia ke 60 ini adalah Melindungi Kesehatan dari Dampak Perubahan Iklim. Dalam peringatan kali ini masyarakat diingatkan pemanasan global adalah nyata dan berdampak langsung terhadap kesehatan. Menurut Menkes, pemanasan global yang sekarang terjadi memang membuat penduduk bumi lebih rentan terhadap penyakit, seperti aneka jenis flu, demam berdarah, dan diare. Jalan termudah mengurangi dampak buruk pemanasan global terhadap kesehatan adalah dengan sering berolahraga dan menjaga kebersihan lingkungan.

Pemanasan global memang nyata terjadi. Akibat pemakaian bahan bakar fosil gas-gas rumah kaca terus dilepaskan dalam jumlah besar ke atmosfir bumi. Sekitar sepuluh tahun terakhir suhu bumi tercatat meningkat. Kota-kota di Indonesia termasuk salju di Pegunungan Jayawijaya tak luput dari dampaknya [baca: Pemanasan Global Ancaman Bagi Dunia].(IAN/Sufiani Tanjung dan Yanto Sukma)

    Artikel Selanjutnya
    Polusi Merajalela Sebabkan Sulitnya Miliki Rumah Sehat di Jakarta
    Artikel Selanjutnya
    Terkuak, Asteroid Pemusnah Dinosaurus Picu Kegelapan di Muka Bumi