Sukses

Demonstrasi Memprotes Film <i>Fitna</i> Terus Berlanjut

Puluhan mahasiswa mendatangi kantor Konsulat Belanda di Jalan Monginsidi, Medan, Sumatra Utara, memprotes penayangan film Fitna. Aksi diwarnai tindakan anarkis berupa perusakan kantor konsulat dan pembakaran bendera Belanda.

Liputan6.com, Medan: Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatra Utara, Rabu (2/4), mendatangi Kantor Konsulat Belanda di Jalan Mongonsidi, Medan, Sumut. Pengunjuk rasa datang dengan membawa poster yang berisi kecaman atas film Fitna yang dinilai telah melecehkan dan menghina Islam.

Massa berharap bisa menemui petugas konsulat, namun belakangan diketahui kantor itu kosong. Karena kesal para mahasiswa membakar ban dan menggoyang pagar kantor konsulat. Tidak adanya aparat kepolisian yang berjaga membuat para mahasiswa kian leluasa melampiaskan kemarahannya. Mereka kemudian mendobrak pagar hingga jebol dan merusak kaca kantor perwakilan Belanda itu dengan batu, serta membakar bendera Belanda.

Sebelumnya, pemerintah Belanda telah menyesalkan film buatan Geerts Wilders, anggota parlemen Belanda berhaluan kanan. pemerintah belanda juga menegaskan bahwa film itu tidak mencerminkan sikap pemerintah dan rakyat Belanda. Namun, pemerintah Belanda tidak dapat melarang karena adanya undang-undang kebebasan berekspresi [baca: Komunitas Kristen Juga Mengecam Geert Wilders].(IAN/Yudhistira)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini