Sukses

Ratusan Warga Cianjur Keracunan Nasi Kotak

Ratusan warga di Cianjur, Jabar, keracunan setelah menyantap nasi kotak yang dibagikan panitia saat acara Maulid Nabi. Semua korban terpaksa dilarikan ke rumah sakit dan puskesmas terdekat. Sejauh ini belum diketahui secara pasti penyebab keracunan tersebut.

Liputan6.com, Cianjur: Ratusan warga Desa Mekar Galih, Cianjur Selatan, Jawa Barat, belum lama ini mengalami mual dan muntah, tak lama setelah menyantap nasi kotak yang dibagikan panitia perayaan Maulid Nabi. Beberapa korban langsung dilarikan ke pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dan rumah sakit terdekat. Namun karena jumlah korban mencapai tujuh ratus orang, puluhan orang akhirnya dilarikan ke gedung sekolah untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Buat mengetahui secara pasti penyebab keracunan, sampel nasi kotak tersebut kemudian diteliti di laboratorium. Dugaan sementara, ada beberapa jenis lauk yang sudah basi.

Keracunan juga menimpa puluhan warga di Deli Serdang, Sumatra Utara. Baru-baru ini, sedikitnya 52 warga Gang Manggis, Desa Kelambir Lima, Hamparan Perak, Deli Serdang, terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Sundari, Medan Sunggal, akibat keracunan. Mereka menderita mual dan muntah tak lama setelah menyantap makanan di sebuah acara ulang tahun.

Korban mengatakan, satu jam setelah menyantap hidangan berupa nasi dengan lauk daging ayam, mereka mulai pusing dan lemas. Bahkan ada di antara korban yang jatuh pingsan. Saat ini kasus keracunan tersebut masih diselidiki aparat Kepolisian Sektor Medan Helvetia. Sejumlah saksi, termasuk tuan rumah hajatan telah dimintai keterangan. Polisi juga telah menyita sampel makanan yang dikonsumsi korban untuk diuji di laboratorium.(ANS/Asep Didi dan Yudhistira)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini