Sukses

Ratusan Rumah di Nganjuk dan Tapin Terendam

Ratusan rumah di dua kecamatan di Nganjuk, Jawa Timur, diterjang banjir. Musibah ini disebabkan meluapnya Sungai Widas yang membelah desa tersebut. Banjir juga masih merendam Tapin, Kalimantan Selatan, dengan ketinggian 30 cm hingga satu setengah meter.

Liputan6.com, Nganjuk: Banjir merendam Kecamatan Gondang dan Sukomoro di Nganjuk, Jawa Timur, akibat hujan yang turun sejak Rabu (5/3) siang hingga malam. Ratusan rumah terendam dengan ketinggian mencapai satu meter. Kendati demikian tidak semua warga mau mengungsi. Mereka berupaya menyelamatkan harta termasuk hewan ternak dengan memindahkan ke tempat yang aman banjir.

Dari dua kecamatan yang dilanda banjir, kondisi terparah terjadi di Desa Sumberejo, Gondang. Hampir semua rumah terendam. Banjir sudah menjadi langganan tiap tahun di kampung ini akibat meluapnya Sungai Widas yang membelah desa tersebut.

Banjir juga masih merendam ratusan rumah di Tapin, Kalimantan Selatan, sejak kemarin pagi. Genangan air terjadi karena hujan deras yang terus mengguyur kawasan itu. Desa Tundui, Kecamatan Tatakan, menjadi daerah yang paling parah terendam banjir. Di wilayah ini ratusan rumah tergenang air setinggi 30 sentimeter hingga satu setengah meter.

Aktivitas warga terganggu karena puluhan fasilitas umum dan pemerintahan ikut terendam. Akses jalan yang menghubungkan desa setempat juga sempat terputus. Warga mengeluhkan aktivitas pertambangan batu bara di hulu Sungai Tatakan sebagai penyebab terjadinya banjir tahunan ini. Sejauh ini pemerintah setempat sudah menyalurkan bantuan seperti makanan dan obat-obatan.(YNI/Tim Liputan SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.