Sukses

WNI di Askar Wataniah Sudah Berganti Paspor

Guna meluruskan informasi tentang dugaan perekrutan WNI menjadi anggota Askar Wataniah, perwakilan kedua pemerintah segera akan melakukan pertemuan. Konsul Jenderal RI di Sarawak memastikan, warga Indonesia yang bergabung dengan militer Malaysia itu sudah berganti paspor.

Liputan6.com, Jakarta: Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Sarawak, Malaysia, hingga saat ini masih menyelidiki keberadaan warga Indonesia yang diduga direkrut menjadi pasukan Askar Wataniah. Sejauh ini penelitian Konjen RI di Sarawak menunjukkan yang terjadi selama ini bukan perekrutan melainkan warga Indonesia yang sudah melepas kewarganegaraan dan berganti paspor. Hal ini juga yang ditegaskan Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Dato Zainal Abidin Zain, Rabu (20/2).

Untuk meluruskan simpang-siur masalah tersebut, perwakilan kedua negara akan bertemu pada 27 Februari mendatang. Kemarin, Departemen Pertahanan memastikan tidak ada konfirmasi dan bukti yang membenarkan isu WNI yang menjadi pasukan cadangan Angkatan Darat Malaysia atau Askar Wataniah. Namun, menurut penelusuran SCTV ada sejumlah perwira menengah Askar Wataniah yang berasal dari Indonesia. Alasan mereka meninggalkan Tanah Air tak lain didorong himpitan ekonomi [baca: Dephan: Tak Ada WNI di Askar Wataniah].(IAN/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini