Sukses

Kaos Ceria, Kreativitas Berbuah Kesuksesan

Kreativitas pembuatan kaos dengan inisial nama dan gambar membuat Riska Amalia menjadi pengusaha sukses. Strategi pemasaran melalui agen dan internet mampu menjangkau pelanggan di daerah.


Liputan6.com, Jakarta: Menjadi pengusaha sukses memang butuh kreativitas. Setidaknya itulah yang dirasakan Riska Amalia, seorang pengusaha di bidang pembuatan kaos. Ide-ide kreatifnya bisa dilihat pada nama dan gambar warna-warni menarik yang dituangkan pada kaos buatannya yang diberi label Kaos Ceria.

Awalnya Riska memberikan inisial nama dan berbagai motif warna-warni menarik pada handuk dan kaos untuk anaknya. Di luar dugaan, banyak teman maupun kerabatnya tertarik dan mulai memesan hasil kreasinya. Baru tahun lalu ia menguatkan tekad merintis usaha Kaos Ceria ini.

Ibu muda berusia 26 tahun itu membutuhkan modal awal sekitar Rp 20 juta sebagai bahan baku seperti kaos putih, kain flanel, lem, benang, dan lain-lain. Untuk keperluan sehari-hari, Riska dibantu 21 tenaga dimana mayoritas adalah ibu-ibu di sekitar rumahnya di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan. Mereka tidak hanya membantu di bagian produksi, melainkan juga mencakup bagian pemasaran serta pengantaran produk ke beberapa sekolah di Jakarta.

Puluhan motif telah dibuat di antaranya pesawat terbang, bus, kupu-kupu, singa, bunga, kereta api, dan strawberry. Ukurannya pun beragam dari usia nol hingga enam bulan, dua, dan tiga tahun, serta playgroup. Bahkan kedua orang tua si bocah juga bisa memesan untuk ukuran mereka.

Harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Dengan menyediakan uang Rp 30 ribu Anda sudah bisa mendapatkan kaos cantik tersebut. "Kalau <i>nggak</i> pakai nama Rp 28 ribu, mulai ukuran L, XL tambah Rp 2.500 jadi Rp 32.500, Rp 35 ribu sampai bapaknya yang paling besar Rp 40 ribu," kata Riska.

Riska mengaku menjalankan bisnis ini dengan suaminya yang ahli Teknologi Informasi menerapkan strategi marketing berbeda dari industri rumahan lainnya. "Kita jualannya dari internet, kita bikin base on request, satuan bisa tapi kita menerapkan sistem agen. Agen itu minimal pembelian setengah lusin. Rata-rata sehari 60 kaos," tutur dia.

Berkat sistem pemasaran terpadu itu, Riska bisa meraup laba per bulan sedikitnya Rp 15 juta. Pelanggannya kini tidak hanya berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, namun juga dari Aceh hingga Maluku. Atas respons masyarakat yang terus meningkat, wajar jika Riska sangat optimistis produk Kaos Ceria-nya ini suatu saat nanti dapat diekspor ke mancanegara.(YNI/Tim Usaha Anda)


Riska Amalia

Jl. H. Isa Rt 05/11 No. 555 Rengas - Ciputat
Jakarta Selatan 15412
Telp : 021-91906012 / 021-7430290
HP: 0856-1367273 
Fax : 021-7430290
Website: www.butik-ceria.com
Email : info@butik-ceria.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.