Sukses

<i>Askar Wataniah</i> Mirip dengan Kostrad

Askar Wataniah bertugas mendukung Tentara Diraja Malaysia dalam kegiatan bela negara. Dengan keterampilan senjata, fisik, dan taktik standar ketentaraan, askar mirip dengan Kostrad di TNI.


Liputan6.com, Jakarta: Nama Askar Wataniah mencuat setelah ada dugaan warga negara Indonesia direkrut menjadi anggota kelompok yang merupakan bagian dari Tentara Diraja Malaysia. Portal resmi Kementrian Pertahanan Malaysia menyebutkan Askar Wataniah adalah tentara cadangan Angkatan Darat Malaysia. Badan ini dipimpin perwira tinggi berpangkat brigadir jenderal. Sesuai peraturan, askar terbuka hanya untuk warga negara Malaysia berusia 18-30 tahun, baik mahasiswa, pegawai, maupun profesional.

Dengan keterampilan senjata, fisik, dan taktik standar ketentaraan, Askar Wataniah bertugas mendukung Tentara Diraja Malaysia dalam kegiatan bela negara. Dengan tugas ini, askar mirip dengan kesatuan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) milik TNI dan National Guard di Amerika Serikat.

Setiap anggota askar mendapat gaji, insentif, dan asuransi layaknya anggota Tentara Diraja Malaysia. Mungkin iming-iming inilah yang menarik sejumlah WNI di perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan menjadi anggota Askar Wataniah [baca: Ratusan WNI Direkrut Menjadi Tentara Malaysia].(ADO/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.