Sukses

Kerajinan Pelepah Pisang, Buah Karya Anak Jalanan

Dindin Komarudin melatih sejumlah anak jalanan membuat kertas daur ulang dari pelepah pisang di Galeri K-Qta. Produk olahan mereka bermacam-macam. Kini, omzet yang diperoleh dari bisnis itu mencapai puluhan juta rupiah per bulan.

Liputan6.com, Jakarta: Aktivitas Dindin Komarudin memberdayakan anak-anak jalanan di Ibu Kota dalam menghasilkan kerajinan tangan bernilai ekonomis rupanya patut ditiru. Sejak lima tahun silam, Dindin mengumpulkan sejumlah anak jalanan untuk mengikuti pelatihan membuat kertas daur ulang dari pelepah pisang. Segala kegiatan Dindin bersama para anak jalanan ini dipusatkan di Galeri K-Qta, Kampung Bendungan Melayu, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara.

Dindin mengaku, ide pelatihan tersebut berawal dari kepedulian dan jiwa sosial yang tinggi dirinya terhadap anak jalanan. "Tanpa diduga, secara perlahan kita bisa menjual produk daur ulang tersebut," ujar alumni Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung, Jawa Barat ini, belum lama berselang.

Guna memulai bisnis pelepah pisang, Dindin mengeluarkan modal Rp 200 ribu untuk membeli peralatan dan bahan baku seperti blender, lem, soda api, pemutih, pewarna, dan pelepah pisang. Dalam menjalankan usahanya, Dindin dibantu 13 anak binaan yang menetap di K-Qta dan 50 anak didik yang menempati rumah di sekitar galeri.

Produk olahan yang ditawarkan galeri K-Qta bermacam-macam. Kerajinan daur ulang termurah seperti kotak cenderamata dijual Rp 2.500. Adapun yang termahal adalah bingkai foto seharga Rp 150 ribu. Kini, omzet yang diperoleh Dindin mencapai Rp 10 juta sampai Rp 20 juta per bulan.

Bagi Dindin, keuntungan secara finansial memang penting. Namun, ada yang lebih penting, yaitu kepuasan batin anak-anak didiknya menjadi terampil dan tidak kembali ke jalanan. "Saya ingin mereka mandiri dan mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat," tutur pria yang hobi menyanyi ini.(RMA/Tim Usaha Anda)

KERAJINAN PELEPAH PISANG
Kampung Bendungan Melayu
Nomor 33 RT 10/RW 02
Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara
Dindin Komarudin
Telepon seluler: 0815 92663187
e-mail : din2_sekar@plasa.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.