Sukses

Berburu Madu Hutan

Suku Tolaki di Sultra adalah peladang dan petani sagu yang ulet dan suka bekerja keras. Selain itu, mereka juga dikenal sebagai pemburu madu hutan yang tangguh.


Liputan6.com, Kolaka: Suku Tolaki mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, kendati etnis ini merupakan bagian dari keberagaman suku yang ada di Indonesia. Suku Tolaki ada di Sulawesi Tenggara, tepatnya di Kabupaten Kolaka. Salah satunya mendiami Desa Ulesi di Kecamatan Uluiwoi.

Masih kental dengan suasana pedesaan serta alam yang asri, warga desa ini hidup berdampingan dengan sejumlah sungai yang mengelilingi desa. Kondisi ini membuat warga Suku Tolaki muncul sebagai sosok yang gigih dan suka bekerja keras. Sehari-hari mereka hidup sebagai peladang dan petani. Mereka tak pernah kekurangan bahan makanan karena di desa ini ladang sagu melimpah.

Tidak hanya berladang, Suku Tolaki juga dikenal sebagai pemburu madu hutan yang tangguh. Mencari madu hutan dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari tiga hingga lima orang. Ada yang bertugas sebagai pencari pohon, pemanen, serta pemikul hasil madu. Tidak berlangsung dalam sehari, pemburu madu kerap harus bermalam untuk mencari madu yang baik sebelum kemudian memanennya.

Ikuti perjalanan tim Potret mengikuti petualangan warga Suku Tolaki berburu madu hutan dalam video tayangan Potret edisi Sabtu, 5 Januari 2008.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.