Sukses

Simpanse Pintar Kalahkan Manusia

Dalam sebuah tes menunjukkan simpanse menyelesaikan tes lebih cepat. Sedangkan masalah akurasi, kemampuan manusia dan simpanse berimbang. Tes yang diberikan yakni menghapal letak angka yang tampak pada layar komputer.

Liputan6.com, Kyoto: Mungkin banyak anggapan kalau manusia lebih jenius daripada hewan. Namun sebuah penelitian di Kyoto, Jepang, baru-baru ini, dalam dua kali tes resmi uji memori jangka pendek menunjukkan simpanse selalu lebih cepat dari manusia.

Tes yang digelar oleh peneliti Universitas Kyoto sebenarnya relatif sederhana. Peserta tes yakni simpanse dan sejumlah manusia yang jadi relawan. Mereka diharuskan menghapal letak angka yang terlihat pada sebuah layar komputer.

Waktu yang diberikan untuk mengingat hanya sebentar. Setelah itu, semua angka hilang serta berganti titik putih yang harus disentuh sesuai urutan numerik. Hasil tes membuktikan simpanse berusia lima tahun menyelesaikan tes lebih cepat. Masalah akurasi, kemampuan manusia dan simpanse berimbang.

Keunggulan simpanse tak hanya saat tes resmi. Dalam masa pelatihan selama enam bulan, tiga dari mahasiswa yang dilatih tetap tidak bisa menyaingi kecepatan tiga simpanse yang juga sudah dilatih. Tes ini mematahkan teori bahwa manusia selalu lebih pandai dari simpanse pada fungsi kognitifnya.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.