Sukses

Pentas A-Soon Gambarkan Perilaku Manusia

Sebuah grup tari kontemporer asal Korea Selatan mencoba menggambarkan perilaku manusia zaman sekarang di TIM, Jakpus. Pertunjukan ini menjadi penutup Fifth Art Summit Indonesia 2007.

Liputan6.com, Jakarta: Potret gaya hidup manusia dikemas dalam pertunjukan grup tari A-Soon dari Korea Selatan bertema The White Noise atau Ribut Putih. Di pentas Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Kamis (29/11), mereka mencoba menggambarkan perilaku manusia di dunia saat ini.

Di sebuah alun-alun orang-orang hilir mudik. Bertatap mata, lama-kelamaan tatapan tersebut malah menyerang privasi, emosi, dan latar sosial masing-masing. Akibatnya semua terkurung di dalam ruang yang mereka buat sendiri.

Itu hanya secuil gambaran perilaku manusia masa kini yang terperangkap di antara pilihan sikap acuh tak acuh namun saling membutuhkan. Lewat tangan sang koreografer An Ae-Soon, gambaran lain yang dipotret dalam tarian ini adalah soal gaya hidup serba canggih yang membuat tingkat kepedulian pada diri manusia semakin tinggi.

Suara komputer atau kulkas, misalnya. Benda-benda yang mengeluarkan suara bising, namun tetap tidak diindahkan oleh pemilik barang-barang canggih itu. Bahkan di tengah suara bising tersebut, mereka tetap dapat tidur nyenyak.

Kelompok tari A-Soon adalah salah satu organisasi tari modern terkemuka yang telah membangun karakternya sendiri. Pertunjukan tari oleh kelompok yang sudah malang-melintang tampil di luar negeri ini menjadi penampilan penutup Fifth Art Summit Indonesia 2007. (YNI/Qodriansyah Sofyan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini