Sukses

Gelombang Pasang Merendam Subang dan Bekasi

Seratus lebih rumah nelayan beberapa desa di Subang, terendam banjir akibat gelombang pasang air laut. Ratusan hektare tambak udang dan bandeng di Bekasi tersapu air pasang dengan ketinggian setengah meter.

Liputan6.com, Subang: Seratus lebih rumah nelayan di beberapa desa di kawasan pantai utara Subang, Jawa Barat terendam banjir akibat gelombang pasang air laut. Ketinggian air mencapai setengah hingga satu meter. Demikian hasil pantauan SCTV, Rabu (28/11).

Jalan antardesa di Kecamatan Legon Kulon juga terputus. Gelombang pasang yang datang tiba-tiba membuat warga kaget. Sebab selama ini belum ada gelombang pasang merendam perkampungan mereka. Sebagian warga berupaya menyelamatkan harta benda dan perabot rumah karena takut gelombang laut akan makin besar.

Di Bekasi, Jabar gelombang pasang air laut tidak hanya menenggelamkan ratusan rumah warga di pinggir pantai. Ratusan hektare tambak udang dan ikan bandeng ikut tersapu air pasang dengan ketinggian mencapai setengah meter. Tambak terendam hingga rata dengan permukaan air laut.

Petani tambak tidak bisa berbuat apa-apa karena tak ada tanggul penghalang gelombang yang bisa menjadi penghalang air pasang yang datang. Meski panen tinggal 15 hari lagi, mereka hanya bisa pasrah. Diperkirakan kerugian yang diderita petani ini mencapai ratusan juta rupiah.(JUM/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.