Sukses

Sandal Hias Kreasi Ketut

Sandal lukis produk Ketut Jaya Sugita sudah menembus pasar Amerika Serikat dan Hongkong. Sandal untuk kaum hawa ini didominasi tema bunga, daun, dan kupu-kupu agar pemakainya tampak lebih feminin dan seksi.

Liputan6.com, Denpasar: Seorang perajin Bali berkreasi melukis sandal agar terlihat indah dan unik. Proses pembuatan sandal lukis ini dikerjakan tangan secara teliti. Agar lentur dan halus, bahan sandal dibuat dari kulit sapi dan kambing yang sengaja didatangkan dari Jawa.

Kerajinan sandal lukis milik Ketut Jaya Sugita ini berawal pada tahun 2005 tepatnya pascatragedi bom Bali satu. Menurut Ketut kepada SCTV belum lama berselang, pada saat itu banyak seniman lukis di Mengwi, Badung kehilangan mata pencahariaan akibat sepinya wisatawan. Peluang ini dimanfaatkan Ketut dengan mempekerjakan para seniman untuk melukis sandal. Sandal yang dibuat untuk kaum hawa ini didominasi tema bunga, daun, dan kupu-kupu agar pemakainya tampak lebih feminin dan seksi.

Dibantu sepuluh pegawai, dalam sebulan Ketut mampu memproduksi 6.000 pasang sandal lukis. Meski baru dua tahun, produk sandal sudah menembus pasar Amerika Serikat dan Hongkong. Harga sandal cantik ini cukup bervariasi antara Rp 125 ribu hingga Rp 200 ribu tergantung model dan kerumitannya. Dari bisnis ini, Ketut mengaku bisa meraup omset Rp 40 juta per bulan.(IAN/Aries Wicaksono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini