Sukses

Istana Batu Tulis, Tempat Bung Karno Diasingkan

Istana Batu Tulis dibangun Bung Karno tahun 1965. Tetapi istana itu pula menjadi tempat pengasingannya. Sebelumnya, istana seluas 3,8 hektare itu dikuasai pemerintah Orde Baru.

Liputan6.com, Bogor: Istana Batu Tulis di Kota Bogor, Jawa Barat, adalah di antara beberapa bangunan peninggalan Bung Karno. Namun, tempat peristirahatan itu juga menjadi pengasingan sang Proklamator oleh rezim Orde Baru. Sejak itu pula istana seluas 3,8 hektare itu dikuasai pemerintah Orba. Tetapi sejak pemerintahan Presiden Wahid, tepatnya 17 Agustus 2000, istana itu dikembalikan kepada keluarga Bung Karno. Belakangan, Wakil Presiden Megawati Sukarnoputri kerap menghabiskan libur akhir pekan di istana tersebut.

Baru-baru ini, SCTV mengunjungi istana yang oleh Bung Karno diberi nama Hing Puri Bima Cakti itu. Pemandangan di sekeliling istana yang dibangun tahun 1965 itu cukup indah karena terletak di lembah Gunung Salak dan Sungai Cisadane.

Halaman istana dihiasi berbagai jenis tanaman yang diselingi patung-patung perunggu koleksi Bung Karno. Kolam-kolam ikan tertata cukup apik. Selain itu ada juga pendopo dan bangunan lain untuk ajudan. Masuk ke dalam bangunan induk terlihat empat kamar tidur, ruang meditasi dan ruang bawah tanah.(YYT/Esther Mulyanie dan Dwiguntoro)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini