Sukses

Buruh Karawang Tuntut Kenaikan Upah

Ribuan buruh berunjuk rasa di Kantor Bupati Karawang menuntut kenaikan UMK menjadi Rp 1,2 juta. Bupati Dadang Mukhtar hanya berjanji memanggil para pengusaha untuk membahas tuntutan tersebut.


Liputan6.com, Karawang: Ribuan buruh berunjuk rasa di Kantor Bupati Karawang, Jawa Barat, Selasa (13/11), menuntut kenaikan upah minimum kabupaten (UMK) Karawang. Pintu pagar Kantor Bupati Karawang nyaris roboh akibat didorong demonstran yang berusaha masuk untuk menemui Bupati Dadang Mukhtar. Upaya merobohkan pagar baru berhenti setelah Dadang Mukhtar bersedia menemui buruh, kendati hanya dari balik pagar.

Kepada Bupati, buruh yang berasal dari sejumlah pabrik di Karawang ini mendesak dinaikkannya UMK Karawang yang saat ini sebesar Rp 715 ribu menjadi Rp 1,2 juta. Menurut mereka, UMK yang sekarang sudah tidak cukup lagi untuk sekadar hidup layak.

Bila tuntutan tidak dikabulkan, para buruh akan menggelar unjuk rasa yang lebih besar serta mogok kerja. Hingga unjuk rasa berakhir, tidak tercapai kesepakatan. Bupati Dadang Mukhtar sendiri hanya berjanji akan memanggil para pengusaha untuk membahas tuntutan buruh.(ADO/Syamsu Nursyam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.