Sukses

Jos Darmawan, Sang Kolektor Mobil Antik

Jos Darmawan memiliki puluhan mobil kuno berbagai merek dari era '40-an hingga '50-an di rumah sekaligus bengkelnya. Mobil-mobil antik itu diperoleh dari sejumlah kota seperti Bandung, Jakarta, dan Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta: Mengoleksi mobil antik rupanya tak dapat dipisahkan dari kehidupan Jos Darmawan. Ia memiliki puluhan mobil kuno berbagai merek dari era '40-an hingga '50-an di rumah sekaligus bengkelnya. "Pada tahun 1996 saya pernah mendapat mobil Fiat tahun 1950. Mobil antik itu yang paling berkesan," ujar Jos kepada SCTV baru-baru ini.

Jos mengaku memperoleh mobil-mobil antik tersebut dari sejumlah daerah seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, serta Bali. Bahkan, ia kadang dibantu beberapa teman untuk berburu mobil kuno seperti Chevrolet. "Saat ini saya masih terus memburu mobil antik bermerek Chrysler dan Cadillac," kata Jos.

Menurut Jos, mobil kuno memiliki kelebihan dibanding mobil-mobil era '90-an. Jos berpendapat mobil antik berbahan pelat yang sangat kuat. "Selain itu model mobil antik tiada duanya," tutur Jos.

Selain mengoleksi mobil kuno, Jos ternyata juga memajang miniaturnya. Sejak lima tahun silam, dia mengumpulkan sekitar 200 miniatur mobil antik dengan model, warna, dan merek beragam. Jos juga memliki beberapa buku yang membahas mobil antik guna menambah pengetahuannya.(RMA/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.