Sukses

Pengungsi Kelud Masih Membandel

Para warga Dusun Gladak, Desa Penataran nekat pulang ke rumah mereka untuk beraktivitas pada siang hari dan kembali lagi ke pengunsian malam hari. Padahal Gunung Kelud masih menandakan gejala aktif.

Liputan6.com, Blitar: Para pengungsi di Candi Sewu, Blitar, Jawa Timur tampaknya masih membandel. Mereka nekat pulang ke rumah masing-masing di siang hari. Hal ini dilakukan tiap hari sehingga tenda-tenda pengungsian terlihat kosong melompong.

Pengungsi yang pulang ke rumah adalah warga Dudun Gladak, Desa Penataran. Warga mengaku merasa aman dengan kondisi Gunung Kelud saat ini. Selama di rumah, warga beraktivitas seperti biasa seperti kerja dan mengurus ternak.

Menurut petugas, warga pulang ke rumah pada siang hari untuk mengusir kejenuhan. Selain itu untuk bisa mendapatkan penghasilan. Namun petugas tetap mengambil warga pada malam hari. "Pagi kita kembalikan dan malam kita ambil lagi," kata petugas.

Padahal Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah mengatakan agar para pengungsi tidak perlu takut kekurangan bahan makanan dan kebutuhan lainnya. Sebab pihaknya akan terus mensuplai kebutuhan yang diperlukan warga selama di pengungsian.

Sementara itu Gunung Kelud masih menandakan gejala aktif. gempa vulkanik masih terjadi serta suhu di kawah gunung juga mencapai 39,1 derajat Celcius. Dengan kondisi ini petugas masih menetapkan status awas Gunung Kelud.(JUM/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini