Sukses

Aktivitas Gunung Soputan Kembali Meningkat

Jumat malam, Pos pemantau Gunung Soputan di Desa Maliku, Minahasa Selatan, mencatat getaran amplitudo naik antara tujuh hingga 30 milimeter. Warga dihimbau siaga dan bersiap mengungsi.


Liputan6.com, Minahasa Selatan: Setelah sempat menurun, aktivitas Gunung Soputan di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Jumat (26/10) malam, kembali meningkat. Pos pemantau Gunung Soputan di Desa Maliku mencatat getaran amplitudo naik antara tujuh hingga 30 milimeter.

Gunung Soputan juga mulai mengeluarkan lava panas. Padahal siang tadi, aktifitas gunung menurun. Petugas pemantau Gunung Soputan menghimbau warga menghentikan semua aktivitas di kaki gunung dan bersiaga untuk mengungsi jika status berubah menjadi waspada [baca: Walau Mereda, Soputan Sewaktu-waktu Bisa Meletus].

Namun, warga Desa Kota Menara dan Maliku tidak khawatir dengan meningkatnya aktivitas gunung setinggi 1.783 meter dari permukaan laut itu. Hingga kini, belum ada warga yang meninggalkan rumah yang terletak di kaki gunung untuk mengungsi.(BOG/Aldrien Arief)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini