Sukses

Keunikan Kerajinan Catur Khas Bali

Kerajinan catur tradisional khas Bali terkenal karena bentuk dan modelnya yang unik. Kerajinan ini mengandung nilai seni pahat yang tinggi. Tak hanya itu, kerajinan ini mampu menarik turis mancanegara.


Liputan6.com, Gianyar: Kerajinan catur tradisional khas Bali terkenal karena bentuk dan modelnya yang unik. Tak hanya itu, kerajinan ini juga mengandung nilai seni pahat yang tinggi. Papan dan buah caturnya dibuat dari bahan kayu pohon cempaka yang diukir dengan tangan.

Pusat pembuatan kerajinan catur tradisional ini ada di Banjar Jungut, Desa Batuan, Gianyar, Bali. Buah catur dibuat dalam berbagai model, mulai dari tokoh pewayangan Ramayana sampai model pejabat kerajaan zaman dulu. Tak jarang, wisatawan mancanegara datang untuk membeli kerajinan ini.

Satu set papan catur lengkap dengan buahnya baru bisa diselesaikan dalam waktu dua pekan. Maklum, proses pengerjaannya sulit dan membutuhkan keahlian khusus. Harga kerajinan ini dijual antara Rp 400 ribu hingga Rp 10 juta per set.(REN/Aries Wicaksono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.