Sukses

H-4, Transportasi Laut Mulai DIserbu Pemudik

Empat hari menjelang Lebaran, pelabuhan-pelabuhan pelayaran maupun penyeberangan dipadati penumpang. Namun tidak semua penumpang bisa segera terangkut karena terbatasnya jumlah kapal.

Liputan6.com, Gresik: Empat hari menjelang Idulfitri, pelabuhan pelayaran maupun penyeberangan dipadati penumpang. Seperti yang terjadi di Pelabuhan Gresik, Jawa Timur. Warga asal Pulau Bawean yang akan pulang kampung membanjiri pelabuhan. Namun tiga kapal yang tiap hari beroperasi tidak mampu mengangkut seluruh calon penumpang. Padahal tiap kapal sudah mengangkut rata-rata 514 penumpang, melebihi kapasitas yang hanya 434 orang.

Kondisi sebaliknya terjadi di Pelabuhan Tanjungpriok, Jakarta Utara. Kendati ribuan penumpang mendatangi pelabuhan, hanya sekitar 1.200 di antaranya yang terangkut menggunakan Kapal Motor Kelud dengan tujuan Medan, Batam, dan Tanjung Balai. Jumlah itu jauh di bawah kapasitas kapal yang sebesar 2.700 penumpang.

Sedangkan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, ratusan penumpang yang tiba malam hari memilih menginap di ruang-ruang tunggu pelabuhan sebelum melanjutkan perjalanan ke Terminal Rajabasa. Hal itu wajar bila mengingat terminal tersebut sering terjadi penodongan, pencopetan, hingga pemaksaan terhadap para pemudik Lebaran [baca: Ratusan Pemudik Bermalam di Pelabuhan Bakauheni].(YNI/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini