Sukses

Terminal Pulogadung Dipadati Pemudik

Enam hari menjelang Lebaran, Terminal Pulogadung dipadati pemudik berbagai tujuan. Sebaliknya di Pelabuhan Tanjungpriok, arus mudik masih sepi. Namun lonjakan arus mudik terparah di Stasiun Senen.

Liputan6.com, Jakarta: Terminal Pulogadung, Jakarta Timur dipadati pemudik memasuki enam hari menjelang Lebaran atau Ahad (7/10). Pemudik tujuan Madura, Wonosobo dan Purwokerto meningkat 20 persen. Pihak terminal menyiapkan ratusan bus tambahan mengantisipasi puncak arus mudik pada H-3 Lebaran.

Suasana kontras terlihat di Pelabuhan Tanjungpriok, Jakarta Utara. Di sini masih sepi calon pemudik. Arus mudik di pelabuhan ini ditandai dengan diberangkatkannya Kapal Motor Lambelu tujuan Medan Belawan dan KM Ngapulu arah ke Surabaya, Jawa Timur.

Sementara di Pelabuhan Belawan Medan, Sumatra Utara, ribuan penumpang tiba dari Jakarta dengan menumpang KM Kelud. Data yang dihimpun SCTV menyebutkan penumpang KM Kelud melebihi batas hingga di atas 2500 dari 2300 penumpang yang diperbolehkan.

Administrasi Pelabuhan Belawan menyatakan pihaknya sudah menyiapkan armada tambahan berupa dua kapal angkutan bagi pemudik yang akan merayakan Lebaran di berbagai wilayah di Sumut. Maklumlah, tiap musim mudik jumlah penumpang dari Jakarta bertambah banyak.

Jumlah penumpang bus dari Medan ke Nanggroe Aceh Darussalam menurun. Pantauan SCTV di Terminal Terpadu Pinang Baris, tiket masih banyak tersisa. Padahal tahun sebelumnya tiket ludes pada H-7. Hal ini disebabkan warga beralih menggunakan mobil pribadi. Sebab, situasi keamanan di Aceh sudah kondusif.

Lain lagi cerita pemudik dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni, Lampung yang menumpang kapal roro. Mereka mengeluhkan karena kapal yang ditumpangi sudah tua dan minim alat keselamatan. Jumlah sekoci dan pelampung sedikit. Penumpang kian khawatir karena tak ada panduan menggunakan perkakas keselamatan di kapal.

Berdasarkan pantauan SCTV di Stasiun Poncol, Semarang, Jawa Tengah, Kereta Tawang Jaya dari Jakarta dipadati pemudik. Pun demkian di Stasiun Tanah abang, Jakarta Pusat. Penumpang meningkat dua kali lipat dibanding hari biasa.

Sekitar 7000 penumpang diberangkatkan dari Stasiun Tanah Abang, Jakpus. Lonjakan terlihat pada Kereta Brantas Jaya jurusan Kediri. Kereta ini diisi hingga 2100 penumpang atau melebihi kapasitas maksimum sekitar 1.000 orang.

PT Kereta Api Indonesia terpaksa menambah gerbong barang untuk 200 pemudik. Jumlah pemudik diperkirakan meningkat. Bila terjadi lonjakan cukup tinggi pada H-3, PT KAI akan menambah lagi jumlah kereta ekonomi khusus mengangkut penumpang dari Stasiun Tanah Abang.

Sedangkan bagi pemudik bersepeda motor, bisa mampir ke Lesehan Enduro di jalur pantai utara Jawa. Tempat beristirahat ini terdapat di enam titik. Misalnya, Lesehan Enduro yang terletak di Masjid Al Falah, Dawuan Barat, Cikampek, Jawa Barat. Lima titik Lesehan Enduro lainnya, yaitu di Indramayu, Cirebon, Comal, Buntu dan Ciamis.

Tak hanya beristirahat, pemudik dapat menikmati berbagai pelayanan gratis di antaranya pijat dan makanan ringan. Lesehan ini juga menawarkan produk dari Enduro dengan menyediakan beragam hadiah.(REN/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini