Sukses

Karya Sunaryo Terjual Rp 1,1 Miliar

Lukisan 'Aku Datang Memenuhi Panggilan-Mu' karya perupa Sunaryo terjual seharga Rp 1,1 miliar. Karya ini menjadi lukisan termahal dalam lelang karya seni Islami yang digelar Pusat Studi Alquran.

Liputan6.com, Jakarta: Sebuah lukisan berjudul Aku Datang Memenuhi Panggilan-Mu karya perupa Sunaryo terjual seharga Rp 1,1 miliar dalam sebuah lelang karya seni Islami oleh Pusat Studi Alquran di Jakarta, Sabtu (15/9). Lelang karya seni Islami ini digelar dalam rangka penggalangan dana kegiatan pusat studi Alquran.

Aku Datang Memenuhi Panggilan-Mu memang bukan lukisan biasa. Lukisan ini tidak terbuat dari cat seperti kebanyakan lukisan lainnya. Karya Sunaryo ini terbuat dari sapuan serbuk marmer di atas kanvas berukuran 120 X 120 sentimeter.

Bacaan manasik haji dalam tulisan Arab tercantum di bagian atas lukisan. Sebuah titik ada di tengah sebagai pusat lingkaran. Inilah gambaran renungan Sunaryo saat melakukan perjalanan haji ke Tanah Suci.

Tanpa diduga, lukisan yang dibuka dengan harga Rp 100 juta ini terjual dengan harga selangit. Lukisan ini sekaligus menjadi karya termahal dalam lelang karya seni Islam itu. Turut dilelang sekitar 90 lukisan bernuansa Islam dan beberapa karya seni rupa Islami dari perupa ternama Tanah Air seperti A.D. Pirous, Taat Joeda, Tulus Warsito, Jono S., dan Rudy S.T. Dharma.(TOZ/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.