Sukses

Dubes Malaysia Meminta Maaf ke Donald Kolopita

Duta Besar Malaysia Datuk Zaenal Abidin Zein meminta maaf secara pribadi kepada wasit karate Donald Luther Kolopita. Zaenal juga menyampaikan surat permohonan maaf dari Kepala Kepolisian Negara Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta: Duta Besar Malaysia Datuk Zaenal Abidin Zein meminta maaf secara pribadi kepada wasit karate Donald Luther Kolopita. Permintaan maaf itu disampaikan Zaenal saat membesuk Donald di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta Selatan, Kamis (30/8) sore.

Dalam kesempatan itu, Zaenal juga menyampaikan surat permohonan maaf dari Kepala Kepolisian Negara Malaysia. Sebelumnya dalam jumpa pers, Zaenal menyampaikan penyesalan mendalam terkait kasus ini [baca: Malaysia Menyatakan Penyesalan Mendalam].

Keluarga Donald mengaku menerima permohonan maaf langsung dari Zainal. Namun mereka belum puas apabila pemerintah Malaysia belum meminta maaf secara resmi. Selain itu keluarga wasit yang dikeroyok empat polisi Negeri Jiran itu meminta supaya proses hukum ditegakan.

Hingga kini, Donald masih menjalani perawatan dan belum dapat ditemui karena kondisinya yang masih memprihatinkan. Donald mengaku masih belum bisa melupakan penganiayaan yang dilakukan polisi Malaysia di Seremban Negeri Sembilan.

Sementara itu Kapolri Jenderal Polisi Sutanto meminta agar masyarakat tak melakukan sweeping terhadap warga Malaysia yang ada di Indonesia. Sebab aksi tersebut dapat menganggu ketenangan warga negara lain yang sedang berada di Tanah Air.

Adapun Wakil Ketua Komisi Pertahanan dan Luar Negeri DPR Arief Mudatsir Mandan mengaku kecewa dengan insiden pemukulan Donald. Dia meminta pemerintah bersikap tegas terhadap Malaysia. Hal senada diungkapkam Ketua Fraksi Parta Amanat Nasional Zulkifli Hasan. Dia minta kasus ini segera diselesaikan mengingat merebaknya ketidakpuasan warga.

Menurut rencana Komisi Pertahan DPR akan memanggil Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda dalam waktu dekat ini. Pertemuan akan membicarakan langkah yang ditempuh Indonesia untuk menyelesaikan kasus yang membuat hubungan Indonesia dan Malaysia kembali panas ini.(JUM/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini