Sukses

Lava Meleleh dari Kepundan Gunung Soputan

Lelehan lava yang disertai bunyi gemuruh keluar dari kepundan Gunung Soputan di Minahasa Selatan, Sulut. Meski demikian, status gunung belum ditingkatkan dari status siaga.

Liputan6.com, Minahasa Selatan: Aktivitas Gunung Soputan di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, masih terus meningkat. Lelehan lava yang disertai bunyi gemuruh keluar dari kepundan gunung pada Selasa (14/8) petang tadi. Alat pemantau gempa di Amurang juga mencatat getaran yang terus meningkat.

Meski demikian, status gunung belum ditingkatkan dari status siaga. Petugas pemantau masih menunggu perkembangan lebih lanjut. Warga di sekitar gunung seperti Desa Maliku, Kota Menara, Ritei, dan Malenos belum ada yang mengungsi.

Akibat letusan Gunung Soputan yang terjadi sejak Senin malam kemarin, sebagian wilayah Kabupaten Minahasa Selatan tertutup debu vulkanik. Lima desa yang berada di sekitar gunung terlihat memutih. Untuk melindungi warga, petugas desa membagikan masker sisa bencana tiga tahun silam [baca: Lima Desa Ditutupi Debu Vulkanik].

Gunung Soputan yang mempunyai ketinggian 1.700 meter ini hampir setiap tahun mengalami peningkatan aktivitas. Aktivitas paling parah terjadi pada 2003. Ribuan warga terpaksa mengungsi saat itu.(TOZ/Aldrien Arief)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini