by

Gerbong KA Gumarang Sudah Dievakuasi

  • Daerah
  • 0
  • 13 Agu 2007 18:15
Liputan6.com, Grobogan: Gerbong kereta api Gumarang jurusan Jakarta-Surabaya yang anjlok di Tegowanu, Grobogan, Jawa Tengah sudah berhasil dievakuasi, Senin (13/8). Selanjutnya ketiga gerbong tersebut ditempatkan di Stasiun KA Gubug untuk kemudian dibawa ke Semarang, Jateng [baca: KA Gumarang Anjlok].

Sebagian jalur rel yang rusak juga sudah berhasil diperbaiki meski belum sepenuhnya pulih. Namun, untuk sementara kecepatan kereta yang melintasi rel dibatasi lima kilometer per jam. Dijadwalkan kereta pertama yang akan melintas pascamusibah adalah KA Gumarang jurusan Surabaya-Jakarta.

Ditengah proses evakuasi, tim laboratorium forensik Kepolisian Daerah Jateng melakukan olah tempat kejadian perkara untuk mencari penyebab anjloknya kereta api. Namun hingga kini belum diketahui kesimpulan soal penyebab kecelakaan ini. Tapi, pihak PT Kereta Api Daerah Operasional IV Semarang tidak menepis dugaan unsur sabotase.

Menurut Humas PT KAI Daops IV Semarang, Warsono, salah satu indikasinya adalah pelaku meninggalkan rel hasil gergajian. Padahal, apabila motifnya pencurian rel hasil penggergajian pasti akan dibawa pelaku.

Meski begitu, pihak PT KAI menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian untuk memastikan penyebab anjloknya KA Gumarang. Sebab, bisa saja motifnya pencurian namun pelakunya tidak sempat membawa hasil kejahatannya. Warsono menambahkan, sebelum kecelakaan Senin dini hari tadi sudah terjadi lima kali peristiwa pencurian peralatan, seperti baut dan bantalan kereta di jalur rel ini.(IAN/Tim Liputan 6 SCTV)

Comments
Sign in to post a comment