Mozaik Kaca Buatan Uke

  • Cabe Rawit
  • 0
  • 13 Agu 2007 10:03

070813acaberawit.jpg
Liputan6.com, Ubud: Serpihan atau potongan kaca ternyata bisa dibuat karya seni indah yang dinamakan mozaik kaca. Adalah Uke, seorang seniman kaca, yang menggeluti usaha ini di Desa Tegalalang, Gianyar, Ubud, Bali. Hasil karya Uke banyak diminati pembeli mancanegara maupun Indonesia. Bentuknya pun beragam. Antara lain piring, gelas, telur, hingga kotak.

 

Bahan baku yang digunakan antara lain hardboard dan fiber. Bahan-bahan tersebut dibentuk sesuai dengan pesanan pelanggan. Bahan lainnya adalah kaca, yakni kaca tembus serta cermin, yang dicat juga sesuai dengan permintaan. Hingga kemudian ditempelkan dengan lem. "Ada juga bahan baku dari fiber dan tanah liat," tutur Uke kepada Liputan 6 SCTV, baru-baru ini.

Untuk proses pembuatannya, kaca dipotong sesuai desain. Kemudian ditempel pada frame atau bingkai yang telah disediakan. Begitu pula untuk membuat mozaik gelas atau piring. Kaca yang telah terpotong direkatkan pada bidang masing-masing. Guna menutupi lubang di antara kaca, Uke menggunakan bahan yang disebut dempul. "Ini dioleskan pada sela-sela kaca," ungkap lelaki gemuk ini dengan dialek khas Bali-nya.(REN/Tim Liputan 6 SCTV)

Terpopuler