Sukses

Bocah Jalanan Memperingati Hari Anak Nasional

Ratusan anak jalanan dan dari keluarga miskin di Bogor melakukan outbound bersama artis cilik Ibu Kota dalam rangka Hari Anak Nasional. Mereka bisa tersenyum ceria di balik penderitaan yang kerap dialaminya.

Liputan6.com, Bogor: Sekitar seratus anak jalanan dan anak dari keluarga miskin di Bogor, Jawa Barat melakukan outbound bersama artis cilik Ibu Kota dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Senin (23/7). Mereka diperkenalkan untuk mengasah kepekaan pada lingkungan seperti mencari ikan, menanam padi maupun panjat tali.

Iwan, misalnya, tampak ceria ber-outbound ria dan mengikuti berbagai permainan dalam acara itu. Hal ini sangat berbeda dengan kegiatan sehari-harinya. Sejak usia sembilan tahun, Iwan sudah mencari nafkah dengan menjadi pemulung sampah. Hal yang harusnya tidak dilakukan oleh anak seusianya.

Keceriaan juga muncul di wajah anak-anak miskin di Makassar, Sulawesi Selatan. Sejumlah bocah mengikuti lomba mulai dari balap karung hingga permainan egrang yang dikenal di daerah itu dengan sebutan longga-longga.

Peringatan Hari Anak Nasional dengan permainan tradisional ini adalah inisiatif anak-anak miskin di pinggiran Makassar. Orang tua mereka hanya memfasilitasi kegiatan dengan saweran. Tak hanya untuk mempererat tali silaturahmi, acara juga memperkenalkan permainan tradisional di tengah serbuan permainan modern.(REN/Iwan Taruna dan Budi Santoso)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini